Menghitung Umur Kehamilan, Kalau Lebih Tua Dari Umur Pernikahan, Begini Jawabannya


Jangan dulu berprasangka macam-maca kalau umur kehamilan lebih tua dari umur pernikahan. Bagi pasangan yang anyar melangsungkan pernikahan lantas menerima kabar kehamilan tentunya sangat membahagiakan. Banyak pasangan yang ingin mendapatkan momongan namun sudah tahunan belum dikasih pula. Namun jika ternyata baru 2 minggu menikah tapi usia kehamilan nyatata setelah mengerjakan cek lebih tua, suami jangan menuduh si istri selingkuh dulu, sebab begini penjelasannya.

Seperti dilansir tabloid-nakita, hal itu pun yang dilalui oleh seorang netizen bernama Enja. Ia menuturkan kisahnya saat menerima kabar istrinya hamil saat pernikahannya baru berumur dua mingguan. Namun yang mengejutkan adalah saat dokter bilang usia kandungannya telah satu bulan. Memang mengagetkan, namun jawabannya ternyata usia kehamilan itu tidaklah di tentukan dari tanggal terjadinya pembuahan tetapi dihitung dari mulai hari pertama haid terakhir (HPHT). Enja kasih sebuah contoh melalui pengalamannya dengan isterinya,

HPHT Istri saya :17 Februari 2015
Kami Menikah Tanggal : 8 Maret 2015
Periksa Ke Dokter : 22 Maret 2015

Perhitungan Usia Kehamilan Yang SALAH : 8 Maret 2015 - 22 Maret 2015 = 14 Hari / 2 Minggu
Perhitungan Usia Kehamilan Yang BENAR : 17 Februari 2015 - 22 Maret 2015 = 1 Bulan 5 Hari
"Adapun perkiraan melahirkan isteri saya dihitung dengan rumus Neagele (rumus yang menghitung Minggu Ke-40 Dari HPHT): (Hari+7) – (Bulan-3) – (Tahun+1) Akan tetapi sebab bulan ketika isteri saya mendapatkan HPHT itu kurang dari 3 (Maret), maka saya memakai rumus (Hari+7) – (Bulan +9) – (Tahun)" ungkap Enja sebagaimana dikutip brilionet, Minggu (7/11/2016) dari akun kaskusnya.

Atas perhitungan itu, Hari Perkiraan Lahir (HPL) isteri ialah: 24-11-2015 atau 40 Minggu usia kehamilan. bisa diperhatikan sekalipun selisih tanggal itu dengan hari pernikahan 8 Bulan 2 Minggu 2 Hari namun dari perhitungan HPHT sudah memasuki minggu ke-40 atau 9 bulan 10 hari.

Lantas gimana langkah untuk menghitung umur janin dari HPHT? Nah selain umur kehamilan, ternyata terdapat istilah 'umur janin' yang adalah prediksi usia janin ketika pembuahan terjadi. Perhitungan ini tidak banyak diketahui. Dengan demikian wajar saja kerap muncul kesalahpahaman.

Umur Janin dihitung memakai rumus: "UMUR KEHAMILAN DIKURANGI 2 MINGGU". Jadi sebetulnya bila anda melahirkan di umur kehamilan 40 minggu itu sama saja dengan umur janin 38 minggu. Kemudian mengapa umur janin dihitung lewat mengurai umur kehamilan dengan 2 minggu? Sejumlah ahli menuturkan kalau ovum keluar dari ovarium diduga pada hari ke-14 atau 2 minggu seusai hais terakhir. Sehingga demikian sebabnya umur janin diperkirakan dengan mengurangi usia kehamilan dengan 2 minggu.


0 komentar:

Posting Komentar