Hikmah Dianjurkannya Nikah:



Arti Ayat : "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir" (Ar-Ruum: 21)

Menikah dan membina rumah tangga adalah salah satu dari banyaknya sunnah yang paling dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Arti Hadis : "Wahai para pemuda, siapa saja diantara kalian yang sudah mampu hendaklah dia menikah, sebab yang demikian itu lebih menjaga pandangan dan lebih menjaga kemaluannya, dan siapa saja yang belum mampu hendaklah dia berpuasa, sebab itu merupakan benteng baginya" Muttafaq Alaihi.


Hikmah Dianjurkannya nikah:

1- Pernikahan adalah suasana solihah yang menjurus ke pembangunan juga ikatan kekeluargaan, menjaga kehormatan serta memeliharanya dari keharaman, nikah pun menjadikan ketenangan dan tuma'ninah, sebab dengannya dapat diterima kelembutan, kasih sayang juga kecintaan antara suami dan isteri.

2- Nikah adalah jalan terbaik untuk mempunyai keturunan, sambil memelihara nasab yang dengan itu dapat saling mengenal, bekerja sama, berlemah lembut serta saling tolong menolong.

3- Nikah adalah jalan yang paling baik dalam menyalurkan kebutuhan biologis, menyalurkan syahwat dengan tidak beresiko terkena penyakit.

4- Nikah bisa dimanfaatkan dalam membangun keluarga solihah yang menjadi panutan untuk masyarakat, suami bakal berjuang untuk bekerja, memberi nafkah serta menjaga keluarga, sedangkan isteri mendidik anak, mengurus rumah juga mengatur penghasilan, dengan begitu masyarakat bakal menjadi benar keadaannya.

5- Nikah bakal memenuhi sifat kebapaan juga keibuan yang tumbuh dengan sendirinya saat mempunyai keturunan.



0 komentar:

Posting Komentar