Kenapa Jadi Mahar Pernikahan, Al-quran dan Seperangkat alat Sholat ?


Kenapa harus selalu ada seperangkat alat sholat beserta al-quran yang menjadi mahar pernikahan ?. Bukan karena hal itu adalah murah meriah, namun mahar itu mempunyai makna-makna yang harus kamu ketahui.

Al-quran adalah pedoman untuk orang-orang muslim, yang merupakan kitab petunjuk bagi mereka yang bertakwa. Barikut ini makna yang bisa di ambil apabila dikaitkan dengan mahar pernikahan.

1. Seperangkat Alat Sholat meruakan Janji sang Suami
Bukan main-main mengadakan seperangkat alat sholat dan mengucapkannya dalam Ijab Kabul. Ia merupakan sebuah janji dari suami yang akan memimpin bahtera rumah tangganya kelak. Sang suami berjanji untuk mendidik istrinya mengerjakan ketaatan pada Allah dalam hal ini adalah sholat.

Sebagaimana makna sholat itu menjauhkan dari pebuatan keji dan munkar. Maka sang suami akan menjaga sang istri untuk menjauhi hal itu dengan selalu bersama-sama mendirikan sholat. Maka bukan karena murah meriah memberikan seperangkat sholat tetapi memiliki makna yang dalam yang harus disadari.

2. Makna Mahar dengan Al-Quran
Saat menjalani biduk rumah tangga nanti sang suami ingin mengajak sang istri untuk mengikuti jalan yang dia ambil yang mana sang suami itu berpegang teguh pada ajaran Islam. Berupaya merealisasikan perintah-perintah al Quran dalam kehidupan barunya bersama sang istri. Menjadi keluarga yang saling mencintai dan akan terus bersama baiik dunia maupun di akhirat sebagaimana yang di inginkan oleh cinta. Ketika para pasangan saling mencintai maka ia menginginkan frame waktu keabadian, dan pernikahan adalah ritual yang disahkan agama untuk menuju keabadian itu berdua.

Namun bagaimana mungkin akan bisa terus bersama sampai di surga kelak kalau setelah menikah tidak mengerjakan apa-apa yang diperintahkan oleh Tuhan, serta tidak menjauhi laranganNya. Maka al quran dalam mahar memiliki makna dan harapan cinta untuk terus bersama-sama.


0 komentar:

Posting Komentar