Wasiat Utbah Bin Ghazwan Tentang Dunia Dan Menyiapkan Bekal Menuju Akhirat


Khalld bin Umar Al-Adawl berkata, bahwa Utbah bin Ghazwan pernah berkhutbah kepada kami. la mulai khutbahnya dengan memuji Allah, dan menyanjung-Nya. Setelah itu, ia berkata,

"Amma ba'du.

Sesungguhnya dunia telah menyatakan diri bakal secepatnya pergi. Dia akan pergi dengan cepat, dan tidak ada yang tersisa di dalamnya kecuali sisa seperti sisa air minuman yang diminum seseorang. Setelah Itu, kalian pindah ke negeri yang abadi. Oleh sebab Itu, pergilah kalian dengan amal perbuatan kalian yang paling baik, karena telah di katakan kepada kami, kalau batu dilemparkan dari atas tepi Jahannam lalu batu tersebut jatuh menggelinding di dalamnya selama tujuh puluh tahun, namun belum sampai di dasarnya. Demi Allah, neraka Jahannam tersebut pasti penuh. Apakah kalian heran?

Sungguh juga telah dituturkan kepada kami kalau jarak antara daun pintu disurga adalah seperti perjalanan sepanjang 40 tahun, dan pasti daun pintu tersebut didatangi pada suatu hati, sedang la dalam keadaan penuh sesak. Sungguh, aku merupakan orang ke-7 bersama Rasulullah SAW serta kami tak memiliki makanan kecuali daun-daun pohon, sampai mulut kami terluka. Lalu aku ambil kain burdah, lalu merobeknya dua bagian; satu untuk aku pakai, dan satunya untuk Sa'ad bin Malik". Dan saat ini, setiap dari kami menjadi salah seorang gubernur di salah satu kota. Sesungguhnya aku berlindung diri kepada Allah dari menjadi besar dalam diriku, sedang di sisi Allah bernilai kecil. Sesungguhnya ke-nabi-an Itu sudah terputus sampai yang tersisa yaitu kerajaan, kalian bakal mengetahui pekerjaan penguasa sepeninggal kami nantinya(Diriwayatkan Muslim).


0 komentar:

Posting Komentar