3 Ibadah Sunnah Yang Diwasiatkan Nabi Muhammad Saw Untuk Abu Hurairah


Rasulullah SAW bukan cuma mengajak umatnya agar mengerjakan ibadah wajib semata. Beliau pun mengajak agar mengerjakan ibadah sunah. Tidak sedikit  hadits menyatakan kalau Nabi SAW merupakan orang yang begitu tekun serta rajin mengerjakan sunah. Malah begitu seringnya, Beliau khawatir kalau umatnya menyangka ibadah yang dikerjakannya itu adalah diwajibakan.

Kekhawatiran ini adalah bentuk kearifan dan kebijaksanaan yang luar biasa. Sepertinya, Nabi memahami benar kondisi umatnya. Pada sebuah kasus, Nabi Saw pernah menegur sahabat disebabkan beribadah denganberlebihan yang ujungnya menyiksa dirinya sendiri. Seperti teguran Nabi kepada sahabat yang mengerjakan puasa sepanjang hari.

Sejumlah perkara Sunnah yang dianjurkan beliau yaitu shalat witir sebelum menarik selimut, lalu puasa 3 hari setiap bulan, dan mengerjakan duha. Keterangan ini dari hadis Abu Hurairah, juga masukan oleh Imam al-Baihaqi di kitabnya Fadhail Awqat:

عن أبي هريرة قال: أوصاني خليلي صلى الله عليه وسلم بثلاث: الوتر قبل النوم وصيام ثلاثة أيام من كل شهر وصلاة الضحى

“Abu Hurairah berkata, ‘Kekasihku Nabi Muhammad SAW mewasiatkan 3 hal: witir sebelum tidur, puasa tiga hari di setiap bulan, dan shalat dhuha.’”

Ketiga ibadah ini adalah wasiat langsung dari Nabi SAW pada Abu Hurairah. Pastinya ibadah ini tak dikhususkan untuk Abu Hurairah, namun siapa pun dapat mengerjakannya.

Sebetuknya 3 ibadah yang diwasiatkan Nabi SAW ini boleh dikatakan ringan dan mudah dikerjakan. Cuma saja memerlukan sedikit konsistensi dan semangat supaya lebih terbiasa.


0 komentar:

Posting Komentar